Hadis Musnad Ahmad 17541

‏ ‏حَدَّثَنَا ‏ ‏عَفَّانُ ‏ ‏حَدَّثَنَا ‏ ‏أَبُو خَلَفٍ مُوسَى بْنُ خَلَفٍ ‏ ‏كَانَ يُعَدُّ مِنْ ‏ ‏الْبُدَلَاءِ ‏ ‏قَالَ حَدَّثَنَا ‏ ‏يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ ‏ ‏عَنْ ‏ ‏زَيْدِ بْنِ سَلَّامٍ ‏ ‏عَنْ ‏ ‏جَدِّهِ ‏ ‏مَمْطُورٍ ‏ ‏عَنِ ‏ ‏الْحَارِثِ الْأَشْعَرِيِّ ‏ ‏أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ ‏ ‏صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ‏ ‏قَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ أَمَرَ ‏ ‏يَحْيَى بْنَ زَكَرِيَّا ‏ ‏بِخَمْسِ كَلِمَاتٍ أَنْ يَعْمَلَ بِهِنَّ وَأَنْ يَأْمُرَ ‏ ‏بَنِي إِسْرَائِيلَ ‏ ‏أَنْ يَعْمَلُوا بِهِنَّ فَكَادَ أَنْ يُبْطِئَ فَقَالَ لَهُ ‏ ‏عِيسَى ‏ ‏إِنَّكَ قَدْ أُمِرْتَ بِخَمْسِ كَلِمَاتٍ أَنْ تَعْمَلَ بِهِنَّ وَأَنْ تَأْمُرَ ‏ ‏بَنِي إِسْرَائِيلَ ‏ ‏أَنْ يَعْمَلُوا بِهِنَّ فَإِمَّا أَنْ تُبَلِّغَهُنَّ وَإِمَّا أُبَلِّغَهُنَّ فَقَالَ لَهُ يَا أَخِي إِنِّي ‏ ‏أَخْشَى إِنْ سَبَقْتَنِي أَنْ أُعَذَّبَ أَوْ يُخْسَفَ بِي قَالَ فَجَمَعَ ‏ ‏يَحْيَى ‏ ‏بَنِي إِسْرَائِيلَ ‏ ‏فِي ‏ ‏بَيْتِ الْمَقْدِسِ ‏ ‏حَتَّى امْتَلَأَ الْمَسْجِدُ وَقُعِدَ عَلَى ‏ ‏الشُّرَفِ ‏ ‏فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ ثُمَّ قَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ أَمَرَنِي بِخَمْسِ كَلِمَاتٍ أَنْ أَعْمَلَ بِهِنَّ وَآمُرَكُمْ أَنْ تَعْمَلُوا بِهِنَّ أَوَّلُهُنَّ أَنْ تَعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا فَإِنَّ مَثَلَ ذَلِكَ مَثَلُ رَجُلٍ اشْتَرَى عَبْدًا مِنْ خَالِصِ مَالِهِ بِوَرِقٍ أَوْ ذَهَبٍ فَجَعَلَ يَعْمَلُ وَيُؤَدِّي عَمَلَهُ إِلَى غَيْرِ سَيِّدِهِ فَأَيُّكُمْ يَسُرُّهُ أَنْ يَكُونَ عَبْدُهُ كَذَلِكَ وَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ خَلَقَكُمْ وَرَزَقَكُمْ فَاعْبُدُوهُ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَأَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ فَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ ‏ ‏يَنْصِبُ ‏ ‏وَجْهَهُ لِوَجْهِ عَبْدِهِ مَا لَمْ يَلْتَفِتْ فَإِذَا صَلَّيْتُمْ فَلَا تَلْتَفِتُوا وَأَمَرَكُمْ بِالصِّيَامِ فَإِنَّ مَثَلَ ذَلِكَ كَمَثَلِ رَجُلٍ مَعَهُ ‏ ‏صُرَّةٌ ‏ ‏مِنْ مِسْكٍ فِي ‏ ‏عِصَابَةٍ ‏ ‏كُلُّهُمْ يَجِدُ رِيحَ الْمِسْكِ وَإِنَّ ‏ ‏خُلُوفَ ‏ ‏فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ وَأَمَرَكُمْ ‏ ‏بِالصَّدَقَةِ ‏ ‏فَإِنَّ مَثَلَ ذَلِكَ كَمَثَلِ رَجُلٍ أَسَرَهُ الْعَدُوُّ فَشَدُّوا يَدَيْهِ إِلَى عُنُقِهِ وَقَرَّبُوهُ لِيَضْرِبُوا عُنُقَهُ فَقَالَ هَلْ لَكُمْ أَنْ أَفْتَدِيَ نَفْسِي مِنْكُمْ فَجَعَلَ ‏ ‏يَفْتَدِي نَفْسَهُ مِنْهُمْ بِالْقَلِيلِ وَالْكَثِيرِ حَتَّى فَكَّ نَفْسَهُ وَأَمَرَكُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ كَثِيرًا وَإِنَّ مَثَلَ ذَلِكَ كَمَثَلِ رَجُلٍ طَلَبَهُ الْعَدُوُّ سِرَاعًا فِي أَثَرِهِ فَأَتَى حِصْنًا حَصِينًا فَتَحَصَّنَ فِيهِ وَإِنَّ الْعَبْدَ أَحْصَنَ مَا يَكُونُ مِنْ الشَّيْطَانِ إِذَا كَانَ فِي ذِكْرِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ قَالَ وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ ‏ ‏صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ‏ ‏أَنَا ‏ ‏آمُرُكُمْ بِخَمْسٍ اللَّهُ أَمَرَنِي بِهِنَّ بِالْجَمَاعَةِ وَبِالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَالْهِجْرَةِ وَالْجِهَادِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَإِنَّهُ مَنْ خَرَجَ مِنْ الْجَمَاعَةِ ‏ ‏قِيدَ ‏ ‏شِبْرٍ فَقَدْ خَلَعَ ‏ ‏رِبْقَةَ ‏ ‏الْإِسْلَامِ مِنْ عُنُقِهِ إِلَى أَنْ يَرْجِعَ وَمَنْ دَعَا بِدَعْوَى الْجَاهِلِيَّةِ فَهُوَ مِنْ ‏ ‏جُثَا ‏ ‏جَهَنَّمَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَإِنْ صَامَ وَصَلَّى قَالَ وَإِنْ صَامَ وَصَلَّى وَزَعَمَ أَنَّهُ مُسْلِمٌ فَادْعُوا الْمُسْلِمِينَ بِمَا سَمَّاهُمْ الْمُسْلِمِينَ الْمُؤْمِنِينَ عِبَادَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ ‏

Menceritakan kepada kami 'Affan, katanya: menceritakan kepada kami ABu Khalaf, Musa bin Khalaf, beliau dari kalangan al-Budalaa', katanya: menceritakan kepada kami Yahya bin ABi Kathir daripada Zaid bin Sallam daripada datuknya Mamtur daripada al-Harith al-Asy'ariy bahawa Nabi SAW bersabda:

”Sesungguhnya Allah SWT telah memerintahkan Yahya bin Zakariya dengan lima kalimat, agar baginda mengamalkannya dan memerintahkan Bani Israil agar mengamalkan kelima kalimat tersebut. Dan hampir-hampir baginda melewatkan perintah itu, maka ‘Isa 'alaihissalam berkata kepadanya:”Sesungguhnya dikau telah diperintahkan dengan lima kalimat agar dikau mengamalkannya dan memerintahkan Bani Israil agar mengamalkan kelima kalimat tersebut. Sama ada dikau yang akan menyampaikannya atau aku yang akan menyampaikannya?” Maka Yahya 'alaihissalam berkata kepada ‘Isa: ”Wahai saudaraku, sesungguhnya aku bimbang  jika engkau mendahuluiku (dalam menyampaikan kelima kalimat tersebut) aku akan diadzab (disiksa) atau akan ditenggelamkan (ke dalam bumi).” Nabi shallallahu 'alaihi wasallam meneruskan sabda baginda:”Lalu Yahya 'alaihissalam mengumpulkan Bani Israil di Baitul Maqdis, hingga mereka memenuhi Baitul Maqdis. Maka baginda duduk di tempat tinggi lalu memuji Allah, dan memuja-Nya kemudian berkata:”Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah memerintahkan kepadaku dengan lima kalimat agar aku mengamalkannya dan memerintahkan kamu semua supaya mengamalkannya juga”. Pertama: Hendaklah kamu semua beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun (tidak berbuat syirik). Dan sesungguhnya perumpamaan hal itu adalah seperi seorang yang membeli hamba dengan hartanya sendiri terdiri dari emas atau perak. Lalu hamba itu bekerja, namun ia menyerahkan bayaran upahnya kerjannya kepada selain tuannya. Maka siapa di antara kamu semua yang ingin hamba seperti itu? Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menciptakan kamu dan memberi rezeki kepada kamu semua, maka sembahlah Dia dan janganlah mensyirikkan-Nya dengan sesuatu apapun. (Kedua) Aku memerintahkan kamu semua mendirikan salat, karena sesungguhnya Allah SWT akan menghadapkan wajah-Nya ke arah hamba-Nya (ketika hamba-Nya shalat) selama-mana hamba itu tidak berpaling. Maka apabila kamu menunaikan solat, janganlah berpaling. (Ketiga) Aku memerintahkan kamu semua berpuasa (Ramadan), karena sesungguhnya perumpamaan puasa itu adalah seperti seseorang yang membawa bekas besar berisi minyak wangi kasturi di tengah-tengah sekumpulan manusia, semuanya akan mendapati bau wangi minyak tersebut. Dan sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah berbanding bau kasturi. (Keempat) Aku memerintahkan kamu semua mengeluarkan sedekah, karena perumpamaan sedekah itu adalah seperti seorang yang ditawan oleh musuh, lalu mereka mengikatnya tangannnya di tengkuknya, dan dia dibawa untuk dipenggal lehernya. Lalu orang itu berkata:”Bolehkan aku menebus diriku?” (jika dia boleh menebus dirinya dari dibunuh) semestinya dia akan menebus dirinya dari mereka dengan semua hartanya yang sedikit mahupun yang banyak sehingga dirinya dibebaskan. (Kelima) Aku memerintahkan kamu semua agar banyak berzikir (mengingat Allah), karena sesungguhnya perumpamaan zikir yang banyak kepada ALlah itu adalah seperti seorang yang dikejar oleh musuh, lalu orang itu pergi berlindung dalam sebuah kuku yang kukuh. Dan sesungguhnya seseorang hamba berada dalam perlindungan yang paling kukuh dari Syaitan jika dia berada dalam keadaan berzikir kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Dia (al-Harits bin al-Asy’ari radhiyallahu 'anhu) berkata lagi, Rasulullah SAW bersabda:

وأنا آمركم بخمس الله أمرنى بهن: بالجماعة والسمع والطاعة والهجرة والجهاد في سبيل الله، فإن من خرج عن الجماعة قيد شبر فقد خلع ربق الاسلام من عنقه إلا أن يرجع، ومن دعا بدعوى الجاهلية فهو من حثا جهنم. قال: يا رسول الله وإن صام وصلى ؟ قال :وإن صام وصلى وزعم أنه مسلم، ادعوا المسلمين بأسمائهم بما سماهم الله عزوجل المسلمين المؤمنين عباد الله عزوجل.

”Dan aku memerintahkan kepada kamu semua dengan lima perkara yang Allah memerintahkannya kepadaku; Senantiasa berjama’ah (bersatu bersama kaum muslimin dan pemimpinnya), mendengar dan taat (kepada pemimpin), hijrah dan jihad Fii sabiilillah, karena sesungguhnya barang siapa yang keluar sejengkal dari jama’ah, maka dia telah melepaskan ikatan Islam dari lehernya, kecuali jika dia kembali lagi (bersatu kembali dengan jama’ah kaum Muslimin). Dan barangsiapa yang menyeru dengan seruan Jahiliyyah, maka dia termasuk yang dicampakkan ke dalam neraka jahannam. Para Shahabat radhiyallahu 'anhum bertanya:”Wahai Rasulullah SAW, sekalipun orang itu salat dan berpuasa?” Nabi SAW menjawab:”(Ya) Sekalipun dia salat dan berpuasa serta mengaku dirinya muslim. Maka panggilah kaum muslimin dengan nama mereka yang Allah ‘Azza wa Jalla telah berikan kepada mereka yaitu kaum muslimin, mukiminin dan hamba-hamba Allah.” (Musnad Ahmad bin Hanbal - Musnad al-Syamiyyin - Hadis al-Harith al-Asy'ariy 'An al-Nabiy SAW, bil: 17541. Diriiwayatkan juga oleh al-Tirmizi dan al-Nasa-ie sebahagiannya, Ibn Khuzaimah di dalam Sahihnya, Ibn Hibban di dalam Sahihnya, al-Hakim juga dan berkata: "Sahih berdasarkan syarat al-Bukhari dan Muslim. al-ALbani juga menilai hadis ini sebagai Sahih.)


Cetak  
Wallahu a'lam